LENGKAP! Cara Membeli Tiket dan Naik Kereta Prameks (Prambanan Ekspres) Terbaru


LENGKAP! Cara Membeli Tiket dan Naik Kereta Prameks (Prambanan Ekspres) Terbaru - Keberadaan transportasi kereta api dewasa ini memang membantu masyarakat yang ungin bepergian. Alasan utama orang-orang memilih naik kereta api adalah karena bisa mencapai tempat yang jauh dengan harga murah. Selain itu, orang yang naik kereta api tidak akan terjebak kemacetan. Secara, kereta kan punya track sendiri.

Buat kamu yang berada di daerah-daerah yang tidak ada kereta api, misalkan Kalimantan, Sumatera atau Sulawesi mungkin penasaran bagaimana sih rasanya naik kereta api itu. Selain penasaran dengan rasanya naik kereta, kamu juga pasti kebingungan gimana cara membeli tiket keretanya.


Nah, kalau cara memesan, membeli dan menaiki kereta nonlokal mungkin sudah banyak diulas oleh situs-situs lain. Kali ini Asyikin Aja Lagi bakal mengulas mengenai tata cara memesan, membeli dan naik kereta lokal/jarak dekat Prameks atau Prambanan Ekspres. Kereta Prameks adalah kereta yang mempunyai trayek Yogyakarta - Solo dan sebaliknya. Adapun stasiun-stasiun yang dilewati kereta Prameks adalah Stasiun Yogyakarta Tugu, stasiun Lempuyangan, Stasiun Maguwo (Bandara Adi Sucipto), Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari san Stasiun Solobalapan.

Melihat lagi Yogyakarta dan sekitarnya merupakan objek wisata dan tempat yang banyak didatangi orang, rasanya pemahaman mengenai cara memesan, membeli dan naik kereta Prameks sangatlah penting.

Berikut cara memesan, membeli dan naik kereta api Prameks alias Prambanan Ekspres.

Cara Membeli Tiket dan Naik Kereta Prameks (Prambanan Ekspres) Terbaru
1. Datang ke stasiun

Kenapa harus datang ke stasiun? Karena tiket Prameks tidak bisa dipesan/booking secara online. Jadi kamu harus turun gunung mendatangi stasiun. Kereta Prameks sendiri melewati Stasiun Yogyakarta Tugu, stasiun Lempuyangan, Stasiun Maguwo (Bandara Adi Sucipto), Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari san Stasiun Solobalapan. Jadi kamu bisa memesan dan membeli tiket di deretan stasiun tersebut.

2. Jadwal keberangkatan

Pemesanan dan pembelian tiket kereta api Prameks dibagi menjadi dua jenis, yaitu pemesanan dan pembelian tiket pemberangkatan hari ini dan 7 hari selanjutnya. Jadi kamu sudah bisa pesan tiket kereta api Prameks H-7 sebelum keberangkatan. Namun cara pemesanan dan pembelian tiket H-7 dan hari ini berbeda. Di poin selanjutnya akan dibahas.

Kembali lagi masalah jadwal kereta api Prameks, kamu bisa melihatnya di laman prameks.com. Di sana tertera jam keberangkatan setiap harinya dan jadwal tesebut sudah paten tidak akan berubah lagi.

3. Cara membeli

Setelah kamu punya jadwal mau berangkat kapan dan jam berapa menggunakan kereta api prameks, sekarang kamu tinggal memesan dan membeli tiketnya. Cara memesan dan membeli tiket kereta api Prameks dibagi jadi dua cara.

A. Pembelian Go Show/Pemberangkatan Hari Ini


Kamu bisa membeli tiket pemberangkatan tiket hari ini langsung tanpa harus mengisi biodata seperti memesan tiket kereta api jarak jauh. Tapi syaratnya, membeli tiket pemberangkatan hari ini hanya bisa dipesan atau dibeli 3 JAM SEBELUM KEBERANGKATAN. Misalnya kamu akan naik kereta api Prameks yang jam 10.00, berarti kamu sudah bisa memesan dan membeli tiket untuk keberangkatan tersebut mulai pukul 07.00.

Kamu hanya tinggal mendatangi loker di stasiun yang terdapat tulisan 'Pembelian Tiket Hari Ini'. Biasanya juga sudah tertera di loker tulisan tentang ketersediaan kereta api Prameks untuk jam berapa. Ketika sudah sampai di loker, kamu hanya tinggal menyebutkan tujuan kamu. Misal, "Mbak tiket Prameks ke Jogja 1." Setelah itu kamu tinggal bayar saja, harga tiket kereta api Prameks yang terbaru adalah 8.000 rupiah.

B. Pembelian H-7



Jika kamu ingin memesan tiket kereta api Prameks maksimal H-7 ini, kamu harus mengisi mengambil daftar antrian dan mengisi form biodata. Karena untuk tiket pemberangkatan maksimal H-7 metodenya sama seperti membeli tiket kereta api jarak jauh.


Pembelian tiket hari ini di atas 3 jam sebelum pemberangkatan juga menggunakan metode ini. Jadi jika kamu ingin berangkat pukul 18.00 dan punya waktu ke stasiun pukul 7 pagi, berarti kamu menggunakan metode ini.

4. Naik kereta



Nah kalau tiket udah dapet berarti saatnya kamu naik keretanya. Kamu tinggal liat aja tuh jam keberangkatan kereta. Nanti juga kalau kereta api Prameksnya udah mau datang dikasih tahu sama lewat pengumuman di pengeras suara.

Tipe tempat duduk kereta api Prameks berbeda-beda. Ada yang dua kursi berhadapan dengan sandaran ada juga yang duduk berderet ke samping kayak naik angkot.

Simak ya! Ini tips paling penting Gaes saat kamu naik kereta api Prameks. Kereta api Prameks pasti dipenuhi penumpang, tak jarang ada yang harus berdiri dari Jogja ke Solo selama kurang lebih 1 setengah jam. Gimana caranya biar bisa dapt tempat duduk di kereta api Prameks? Caranya kamu harus naik daris stasiun pemberangkatan pertama agar gerbong masih kosong. Jika kamu berangkat dari Yogyakarta, maka naiklah dari Stasiun Yogyakarta Tugu. Dan jika kamu berangkat dari Solo, maka berangkatlah dari Stasiun Solobalapan.

Nah, itu tadi bagaimana cara memesan, membeli dan naik kereta api Prameks / Prambanan Ekspress lengkap dengan tips mendapatkan tempat duduknya. Silahkan share artikel ini untuk jadi informasi kepada setiap orang.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "LENGKAP! Cara Membeli Tiket dan Naik Kereta Prameks (Prambanan Ekspres) Terbaru"

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL NYATA

    ReplyDelete

Like Fanpage Facebook